Berbagai Macam dan Jenis Ikan Arwana

Macam-macam Ikan Arwana

Ikan Arwana berjenis Scleropages Formosus atau dengan bahasa indonesia Siluk Merah adalah salah satu dalam spesies ikan air tawar dari daerah Asia Tenggara. Ikan jenis ini berbadan panjang dan sirip duburnya terletak jauh di belakang badan.

Arwana asia pada umumnya berwarna keperak-perakan, Ikan Arwana Asia juga sering disebut sebagai “Ikan Naga”, karena jikalau dihubung-hubungkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa, maka hampir sama. Arwana Asia termasuk spesies asli sungai yang ada di Asia Tenggara umumnya Indonesia.

Jika dikelompokkan dari varietas warnanya, maka ada empat macam yang terdapat pada lokasinya:

Ikan Arwana hijau ditemukan di Indonesia, Birma, Thailand, Malaysia dan Thailand.Ikan Arwana emas dengan ekor merah ditemukan di Indonesia.Ikan Arwana emas terdapat di Malaysia.Ikan Arwana merah terdapat di Indonesia.

Pada tahun 2004 IUCN mengungkapkan bahwa status Ikan Arwana Asia terancam punah. Salah satu faktor penyebab turunnya jumlah spesies Ikan Arwana Asia dikarenakan banyaknya pihak yang memperjual belikannya sebagai ikan untuk aquarium, umumnya oleh masyarakat di Asia.

Salah satunya pengikut Feng Shui, mereka berani membayar mahal untuk satu Ikan Arwana Asia. Ikan arwana memiliki bentuk tubuh yang ramping, memanjang seperti pisau. Ikan Arwana memiliki ciri khas, yaitu dua sungut yang terdapat pada bawah bibirnya.

Sungut Arwana sangat berfungsi sebagai pelacak letak dan gerak-gerik mangsa dengan sensor getarnya. Ikan Arwana berenang sangat anggun dan memancarkan sinar yang kemilau pada sisiknya. Jenis ikan arwana termasuk dalam kategori hewan yang dilindungi, karena keberadaannya di alam liar sangat menipis.

Macam dan jenis Ikan Arwana


Ikan Arwana mempunyai beragam bentuk dan jenis, diantaranya adalah sebagai berikut:

Ikan Arwana Super Red


Berbagai Jenis Ikan Arwana
Arwana Super Red

Ikan arwana jenis ini banyak terdapat di beberapa tempat yang ada di Provinsi Kalimantan Barat, seperti di sungai Kapuas dan Danau Sentarum yang terkenal dengan habitatnya Super Red (Chili dan Blood Red). Arwana jenis ini tampak warna merah pada sungut, bibir dan sirip ikan muda.

Apabila sudah menjelang usia dewasa, maka akan tampak merah diberbagai titik pada tubuh ikan terutama pada tutup insang dan sebalah pinggir pada sisik sehingga jika dilihat secara keseluruhan akan tampak warna merah.

Warna merah Ikan Arwana dikelompokkan menjadi 4 yaitu:

Merah Darah (Blood Red)Merah Cabai (Chili Red)Merah Orange (Orange Red)Merah Emas (Golden Red)

Ikan Arwana Golden


Berbagai Jenis Ikan Arwana
Arwana Golden

Ikan Arwana jenis ini banyak dijumpai di negara Malaysia, seperti Perak, Johor, Danau Bukit Merah dan Trengganu. maka dari itu Ikan Arwana jenis ini sering dijuluki dengan Golden Pahang, Bukit Merah Blue atau Malaysia Gold. Ada beberapa jenis Ikan Arwana di Malaysia, diantaranya adalah Cross Back dan Cross Back Golden.

Ikan Arwana jenis Cross Back Golden (CBG) dibedakan menjadi beberapa jenis sesuai dengan warna dasar sisiknya, diantaranya:

Purple Based (Warna dasar ungu)Blue Based (Warna dasar biru)Gold Based (Warna dasar emas)Silver Based (Warna dasar perak)

Ikan Arwana Golden Red (Red Tail Golden)


Berbagai Jenis Ikan Arwana
Arwana Golden Red

Ikan Arwana jenis ini termasuk dalam varietes Arwana Golden dan sering disebut sebagai Arwana Golden Indonesia. Arwana jenis ini banyak dijumpai di beberapa wilayah Indonesia seperti Sumatra, Pekan Baru.

Berbeda dengan CBG, warna emas pada sisik hanya akan mencapai pada baris keempat, paling banyak pada baris kelima. Warna dasar pada jenis Ikan Arwana ini bermacm-macam seperti hijau, biru atau emas, begitu juga warna pada bibir, sirip serta ekornya.

Warna RTG muda lebih kusam dari pada warna RTG tua. Arwana jenis ini juga bisa dibilang tahan banting jika dibandingkan dengan CBG, selain itu RTG juga bisa tumbuh lebih besar dan lebih memiliki sifat yang agresif.

Apabila dilihat sekilas, Arwana jenis CBG hampir sama dengan jenis RTG, perbedaan diantara keduanya akan kelihatan jika sudah mencapai ukuran lebih dari 20 cm. Pada ukuran ini Arwana jenis CBG perutnya ditutupi oleh cincin warna keemasan, sedangkan Arwana jenis RTG tetap berwarna hitam (Kelabu).

Ikan Arwana Hijau


Berbagai Jenis Ikan Arwana
Arwana Hijau

Ikan Arwana jenis ini banyak ditemukan di negara Thailand, Myanmar, Malaysia, Kamboja dan diberbagai tempat di Indonesia. Ikan Arwana jenis ini terkadang ditemukan di beberapa daerah secara tidak sengaja, Akan tetapi Arwana jenis ini memiliki cirikhas tersendiri.

Pada umumnya Ikan Arwana jenis ini memiliki warna kelabu kehijauan dengan pola garis-garis yang berwarna gelap pada bagian ekornya, sedangkan bentuk mulutnya lebih membulat dan besar dibandingkan dengan jenis Ikan Arwana Asia lainnya.

Ikan Arwana Banjar


Berbagai Jenis Ikan Arwana
Arwana Banjar

Ikan Arwana jenis ini bisa dikatakan jenis Arwana merah kelas 2 dan diketahui bukan merupakan strain murni Arwana merah. Penampilanya ditunjukkan pada warna sirip yang orange agak pucat, sedangkan ekornya berwarna orange atau kuning dan tidak memiliki warna merah di pipi maupun di badannya.

Jika dilihat sekilas Arwana jenis ini memiliki kemiripan dengan Arwana merah muda, sehingga terkadang mengecoh para penghobi Ikan Arwana.

Ikan Arwana Irian


Berbagai Jenis Ikan Arwana
Arwana Irian

Ikan Arwana jenis ini mempunyai warna dasar hitam kecoklatan yang disertai dengan bintik-bintik kuning keemasandi bagian tengah pada sisiknya, bahkan pada bagian sirip, ekor dan pipinya pun terdapat bintik-bintik kuningnya.

Aslinya Ikan Arwana jenis ini dari Australia, akan tetapi sering ditemukan di pulau Irian. Ikan Arwana jenis ini memiliki dua jenis, yakni Scleropqges dan Scleropqges Leichharti.

Ikan Arwana Araipama Gigas


Berbagai Jenis Ikan Arwana
Arwana Araipama Gigas

Ikan Arwana jenis ini merupakan ikan air tawar yang memiliki ukuran besar. Ikan yang masih berkerabat dengan Arwana ini memiliki panjang lebih dari 3 meter. dengan berat mencapai 200 kg. Ikan ini bernapas dengan cara langsung mengambil oksigen dari atmosfer (Obligate Air Breather).

Ikan ini akan menampakkan ke permukaan air setiap 5-20 menit sekali. Hal ini tergantung pada ukuran ikan itu sendiri. Ikan yang berusia muda biasa muncul dipermukaan air setiap 5 menit sekali, sedang yang dewasa muncul setiap 18-20 menit sekali.

Araipama dapat ditemukan di perairan Essequito dan Amazon. Ikan Araipama termasuk jenis ikan yag dilindungi oleh undang-undang di negara Guyana walaupun menjadi sumber makanan bagi penduduk di sana.

Diperkirakan populasi mereka pada tahun 2001 sekitar 850 ekor yang tersebar di wilayah hutan Iwokara pada lahan basah Rupununi. Ikan Arapain ini memiliki lidah sepanjang 15 cm ketika dewasa dan bertulang dan kasar.

Penduduk setempat sering memanfaatkan lidah tersebut sebagai amplas untuk menghaluskan kayu.

Ikan Arwana Silver


Berbagai Jenis Ikan Arwana
Arwana Silver

Ikan Arwana Silver sering dijuluki sebagai Ikan Arwana Brazil. bentuk tubuh pada ikan ini panjang dan memiliki sirip yang panjang juga. Ikan Arwana jenis sangat anggun ketika berenang. Arwana jenis ini dapat tumbuh mencapai ukuran 50-60 cm.

Ikan Arwana Silver aslinya berasal dari Amerika Selatan, akan tetapi saat ini dapat dikembang biakkan di Indonesia. Ikan Arwana Silver memiliki harga yang cukup murah dibandingkan dengan jenis Ikan Arwana yang lainnya.