Keong Assassin Si Keong Pembunuh Keong Hama

Manfaat memelihara Keong Assassin

Keong assassin merupakan jenis keong yang dapat mengendalikan keong hama, dengan tubuh dan warnanya yang indah, keong assasin juga sering disebut sebagai keong pembunuh. Keong assassin disebut keong pembunuh karena mampu dengan cepat membasmi hama keong siput.

Keong Assassin bekerja dengan memakan isi dari cangkang dari keong hama, keong hama yang dimakan akan meninggalkan cangkang, Cangkang keong hama ini akan kosong. Bila keong assassin sudah mulai beraksi. Didasar akuarium biasanya akan terlihat sisa dari tubuh keong hama berupa cangkang-cangkang yang isinya sudah mati dimakan di keong assassin. Pada akhirnya habitat keong hama perlahan akan berkurang bahkan habis tanpa perlu kita bersihkan satu persatu

Keong assassin memiliki nama lain Clea Helena atau Anentome Helena. Keong assassin jika kita perhatikan memiliki kemiripan dengan keong sungai dan danau. Keong assasin yang asli memiliki cangkang yang panjang dengan warna dominan putih. Warna yang paling banyak ditemui adalah belang kuning putih.

Pada habitat aslinya keong ini sangat terlihat kotor, namun setelah di masukkan di dalam akuarium, hanya dalam waktu 1 minggu akan berubah warna menjadi lebih cerah dan terang. Seperti warna putih berpadu kuning atau belang. Sangat sulit sekali membedakan yang asli dengan yang palsu, disarankan Anda lebih hati-hati dalam memilihnya. Jika anda tidak percaya coba saja ke tambak dekat laut. Banyak sekali jenis keong assassin tetapi tidak dapat hidup di air tawar.

Keong yang biasa di basmi oleh keong assassin adalah Keong hama yang tumbuh dan berkembak biak di dalam tank aquascape,  Keong hama biasanya terbawa oleh tanaman - tanaman aquascape dalam bentuk telur atau pun sudah jadi. keong hama cangkangnya mudah sekali untuk di hancurkan. Keong hama termasuk kategori hewan hermaprodit karena itulah keong ini cepat sekali berkembang biak tanpa pasangan.

Kecepatan berkembang biak keong hama ini tentu perlu di batasi agar aquascape tetap terlihat indah dan memiliki nilai seni yang tinggi, Untuk itulah keong hama perlu dibasmi oleh keong predator seperti keong assassin.


EmoticonEmoticon