Ragam Kayu Aquascape Yang Paling Banyak Digunakan

Ragam Kayu Aquascape Yang Paling Banyak Digunakan

Tanaman kayu aquascape yang berasal dari akar-akaran tumbuhan merupakan bagian dari hardscape, kayu ini akan menjadi cantik dan indah di pandang jika dipadukan dengan tanaman dan bebatuan yang ada dalam ekosistem Aquarium.

Banyak sekali jenis kayu yang biasanya di gunakan untuk aquascape. Nah untuk mengetahui jenis kayu apa yang sering di gunakan untuk aquascape berikut adalah Ragam Kayu Aquascape Yang Paling Banyak Digunakan untuk hiasan Aquarium.

Kayu Rasamala


Kayu rasamala merupakan salah tau jenis kayu untuk aquascape yang paling banyak digunakan oleh pembuat aquascape/aquascaper, selain harga kayu ini relatif murah, saat mengering kayu ini tidak mengeluarkan tanin yang begitu besar sehingga tidak menimbulkan perubahan warna serta tidak membahayakan habitat di sekitarnya.

Warna kayu ini tampak kemerah-merahan dengan mempunyai banyak caban dan lekukan. kayu rasamala juga cenderung berbentuk lebih ramping dari kayu lainnya.

Harga Kayu Rasamala di bandrol mulai dari Rp.30.000 s/d ratusan ribu rupiah tergantung ukuran dan bentuk rantingnya.

Kayu Bakau / Driftwood


Kayu Bakau mempunyai kandungan tanin yang cukup banyak, untuk itu sebelum digunakan ada baiknya kayu tersebut di olah terlebih dahulu agar kayu ini tidak terlalu mengubah warna air pada akuarium. Bentuk, Kayu Bakau lebih cenderung mempunyai sedikit cabang, umumnya ujung cabang kayu bakau tampak runcing dan berbeda jauh dengan kayu rasamala.

Kayu Santigi


Kayu santigi merupakan kayu sejenis bonsai. Bentuknya memiliki bentuk lekukan yang sangat indah hingga membuat kesan dramatik. Kayu santigi dapat di padukan dengan tanaman jenis fissiden fontanus, sehingga akan tampak lebih alami.

Mopani Wood


Kayu Mopani Wood berasal dari benua Afrika, kayu ini mempunyai tekstur yang sangat kuat dan sangat padat dan tidak memiliki cabang. Kayu ini biasanya didapatkan di toko swalayan ACE, dan harganya pun tidak tergolong murah.

Hirnwood


Hornwood berasal dari kayu dari jenis driftwood yang mempunyai tekstur menyerupai tanduk dan tidak terlalu banyak mempunyai cabang. Hornwood terlihat kokoh dan lurus, untuk harga bervariasi di pasaran.

Branchwood


Kayu Branchwood termasuk salah satu golongan jenis driftwood, yang membedakan dengan hornwood yakni mempunyai tekstur banyak cabang dan ranting yang tidak beraturan seperti ranting pohon.

Akhir kata

Demikian Ragam Kayu Aquascape Yang Paling Banyak Digunakan yang bisa saya tulis di artikel kali ini. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon